Keunoe Handycraft Aceh Terus Berkembang, Begini Harapannya

BANDA ACEH – Usaha “Keunoe”, yang bergerak di sektor handycraft, resmi dimulai pada akhir tahun 2021. Pada awalnya, usaha ini hanya berjualan offline di Blang Padang kota Banda Aceh setiap minggu pagi dan melalui platform online di Instagram.

Hal tersebut disampaikan. Owner “Keunoe”, Yenni Karnelia Quadriani Lubis, yang akrab di sapa Yenni, kepada globalkini.com, Senin (03/06/2024).

Lebih lanjut, Yenni mengatakan, seiring berjalannya waktu, pihaknya mulai mengenal teman-teman sesama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan bergabung dalam beberapa grup UMKM. Grup-grup ini sangat bermanfaat karena selain mendapatkan teman-teman baru, pihaknya juga memperoleh informasi mengenai berbagai kegiatan pelatihan yang diadakan oleh instansi-instansi terkait UMKM.

“Dari sini pula saya mendapatkan informasi tentang bazar dan pameran yang berlokasi di Banda Aceh,” kata Yenni.

Kemudian “Keunoe” merupakan usaha yang berfokus pada produksi handycraft berbahan dasar tali dan benang dengan teknik simpul. Produk-produk yang dipasarkan meliputi aksesoris seperti gelang, bros, gantungan kunci, dan tas.

Pada awalnya, “Keunoe” hanya memproduksi aksesoris untuk segmen pasar lokal. Namun, seiring berjalannya waktu, “Keunoe” berinovasi dengan beberapa variasi produk yang menyasar segmen wisatawan. Unsur Aceh diaplikasikan dalam setiap produk, baik melalui motif-motif Aceh maupun bordir khas Aceh, dengan harapan dapat menambah variasi baru pada kategori souvenir dari Aceh.

“Alhamdulillah, setelah berjalan kurang lebih tiga tahun, “Keunoe” saat ini mulai menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam hal pemasaran, seperti BSI UMKM Center, Dekranasda Aceh, hingga toko souvenir. Kami juga berkolaborasi dengan beberapa UMKM lainnya dengan membuka gerai di salah satu area di Banda Aceh,” ujarnya.

Produk Keunoe (Foto: globalkini.com/Herlin)

Pada kesempatan tersebut, Yenni berharap agar usaha tersebut dapat berkembang dengan lebih baik dan berkelanjutan. Perkembangan ini tentu memerlukan dukungan dari dinas-dinas terkait dalam memajukan UMKM, baik itu dalam hal pemasaran, business matching, pelatihan yang berkaitan dengan perkembangan UMKM, bantuan bahan baku dan packaging, serta kesempatan untuk mengikuti pameran baik di Banda Aceh maupun di luar provinsi Aceh.

“Selain itu, kami para UMKM lokal sangat berkeinginan untuk turut serta dalam mempromosikan dan memasarkan produk kami pada event PON 2024 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Dukungan dari semua pihak akan sangat berarti bagi kemajuan usaha kami dan kesejahteraan para pelaku UMKM di Aceh,” harapnya.

Kunjungi “Keunoe” dan bisa mendapatkannya di tempat penjualannya di Jl. Jend. Ahmad Yani No.20, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 23122 atau bisa langsung menghubungi nomor Hp: 081370106475, IG: @keunoe_atjeh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *