Wali Kota Medan Dukung Bakti Sosial Kesehatan Tradisional

MEDAN – Muhammad Bobby Afif Nasution diwakili oleh Kadis Sosial Khoiruddin Rangkuti menyambut baik kegiatan bakti sosial oleh Tenaga Kesehatan Tradisional dengan para praktisi pengobat tradisional.

Disebutkan Wali Kota dengan kegiatan sosial berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat bisa diselesaikan bersama secara mudah dan murah. Kegiatan ini memiliki jumlah target peserta mencapai 400 orang.

Wali Kota berharap bakti sosial ini momentum untuk kembali ke basis utama, yaitu berbakti dan mencurahkan segala pengetahuan dan kemampuan untuk membangun bangsa.

Ada delapan jenis pelayanan kesehatan tradisional yang diberikan di antaranya, akupunktur, pijat tuina, kop bekam, pengobatan herbal, donor darah, pemeriksaan gula serta pembagian paket sembako bagi masyarakat kurang mampu.

Ketua Panitia, Henny Nerissa, mengatakan, bakti sosial kesehatan tradisional yang digelar di halaman Pomdam I/BB, Jalan Sena Medan ini dengan tema “Berempati Bersama Mengakhiri Pandemiā€ bersama dengan tenaga Kesehatan tradisional yakni, Perkumpulan Naturopatis Indonesia (PKNI) DPD Sumut bekerjasama dengan Perkumpulan Pengobat Tradisional Interkontinental Indonesia (PPTII) dan Patrasu (Perhimpunan Ahli Pengobatan Tradisional Sumut).

Dikatakan, PKNI, PPTII dan Patrasu bersama-sama ikut bersumbangsih sebagai tenaga kesehatan tradisional dalam berbagai bentuk pelayanan akupunktur, pijat tuina, kop bekam serta pemberian obat obat herbal secara gratis melalui perabaan nadi/palpasi dalam mendiagnosa penyakit dengan target pasien sebanyak 400 orang.

Sebelum pandemi terjadi, tim bakti sosial dari PKNI Sumut senantiasa memberikan pelayanan Kesehatan Tradisional terdepan minimal setahun 3x di daerah yang berbeda, terutama bagi masyarakat kurang mampu. Namun, 3 tahun terakhir ini vacum karena kondisi pandemi Covid-19.

“Antusias dari masyarakat, donator, praktisi dan panitia sehingga terselenggara Bakti sosial pertama kali setelah pandemi. Tutur dr. Jimi Wihono selaku wakil panitia baksos kali ini, Apabila ada kekurangan yang terjadi, kami mohon maaf”

Semoga dikemudian hari, kita dapat senantiasa melakukan Baksos secara berkesinambungan serta memberi manfaat kesehatan untuk masyarakat secara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif kata Hanny.

Pada acara itu juga dilakukan penyerahan plakat penghargaan oleh Pomdam 1/BB diwakilkan Wadan Intan ke PKNI DPD Sumut diwakilkan Ketua Senior Elly Liman. Kemudian Pomdam 1/BB ke PPTII, PKNI DPD Sumut ke Pomdam 1/BB. Dan dari PPTII ke Satkom Gajahmada Budiman.

Dilanjutkan penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada petugas kesehatan dan bapak Budi Amal selaku donatur serta para Sponsor oleh Ketua Panita Hanny Nerissa.

Bakti sosial ini juga melibatkan perusahaan obat yang mensponsori obat-obatan herbal berkualitas yakni PT.Saras Subur Abadi, PT.Intra Aries, PT.Citra Deli Kreasitama dan PT.SOHC.

Turut memberikan kata sambutan Kolonel CPM Daniel Prakoso ,S.I.P, diwakilkan Wadan Ibu Letnan Kolonel CPM Intan Situmorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *