WHY.U PERFUME, Wewangian Khas Dari Gunung-Gunung di Aceh

BANDA ACEH – Wahyu Virga Wangsa anak muda Aceh kini sukses mendirikan bisnisnya lewat produk parfum “WHY.U PERFUME”. Kehadiran parfum ini ikut menyemarakkan kebangkitan produk lokal khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang kini sudah menembus pasar lokal di Aceh.

Wahyu menjelaskan, WHY.U PERFUME didirikan pada awal tahun 2023, usahanya tersebut bergerak di bidang kosmetik dengan fokus pada produk wewangian seperti parfum, body butter ataupun aromaterapi.

Lebih lanjut Wahyu menceritakan, awal mula ia menciptakan WHY.U PERFUME saat itu dirinya melihat tingkat kesibukan dari masyarakat saat itu yang beraktifitas diluar rumah sangat tinggi.

“Maka timbul lah ide untuk menciptakan usaha WHY.U PERFUME ini untuk memenuhi kebutuhan keseharian masyarakat saat itu. Dengan harapan, keberadaan WHY.U PERFUME bisa memberikan solusi lifestyle yang terbaik untuk masyarakat lokal maupun global,” kata Wahyu kepada globalkini.com, Sabtu (08/06/2024).

Dengan kemauannya yang gigih, Wahyu mencoba memperoleh ide dan ilmu bisnis untuk dikembangkan, dan akhirnya Wahyu memilih memproduksi WHY.U PERFUME dengan tagline ‘Wewangian Khas Aceh’

“Alhamdulillah penjualan kita lakukan secara online sejak 2023 sampai sekarang, untuk pemasarannya masih dalam kota, baik di event maupun gerai UMKM Bank Aceh dan BSI UMKM Center, serta ada juga di beberapa langganan dari luar Aceh yang memesan langsung ke kami,” ujar Wahyu.

Produk WHY.U PERFUME (Foto: globalkini.com/Imam)

Wahyu mengatakan, untuk bahan baku ia menggunakan Minyak Nilam Aceh yang di peroleh dari ARC USK dan juga bibit parfum dari grosir yang ada di Banda Aceh, dan kemudian dipasarkan. Untuk pemasaran sendiri masih melalui online yaitu platform Instagram.

Wahyu menyebutkan, kini omset penjualan WHY.U PERFUME mencapai 8 hingga 10 juta dalam sebulan.

“Paling tipis 8 juta bang, karena kita juga bergerak home industri, dan untuk harga per botol ukuran 30 mililiter Rp 140.000,” sebutnya.

Wahyu memaparkan, WHY.U PERFUME telah memiliki 5 varian jenis parfum yang diambil dari nama-nama gunung yang ada di Aceh yang diantaranya Geurutee, Seulawah, Leuser, Peut Sagoe dan Burni Telong.
.
“Alasan kenapa mengambil nama varian dari nama gunung di Aceh, karna Minyak Nilam Aceh hanya terdapat di area gunung, maka diangkat lah nama gunung yang ada di Aceh, terutama nama gunung berapi yang masih aktif,” tuturnya.

Wahyu berharap untuk Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh agar kedepannya bisa diikutsertakan dalam kegiatan promosi diluar Aceh, agar dapat memperluas pemasaran dan costumer diluar Aceh, sehingga UMKM dapat bertemu langsung dengan pihak luar Aceh untuk memperluas jaringan usahanya.

“Alhamdulillah kami sudah mendapatkan bantuan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh, baik berupa pelatihan maupun bantuan kemasan. Bantuan dari pemerintah sangat mendukung pemasaran bagi kami,” pungkasnya

Bagi kalian yang ingin mencoba WHY.U PERFUME bisa langsung spil dan DM Instagramnya di @aceh.perfume atau bisa menghubungi MinYou dengan no WhatsApp 0851-7347-2900.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *